Ilustrasi, sumber foto: Istimewa


Sgp Tangkas - Seorang pria berusia 72 tahun asal Bristol, Inggris terinfeksi virus corona dalam waktu yang sangat lama, lebih dari 290 hari atau hampir 10 bulan. Dave Smith terinfeksi di awal gelombang pertama tahun 2020.


Menurut Guardian Kamis (24/06), tidak seperti kebanyakan orang yang sembuh dengan cepat, ia memiliki masalah jangka panjang yang sangat langka dan tercatat sebagai infeksi COVID-19 aktif terlama hingga saat ini.


Selama periode itu, Smith memiliki 42 tes PCR positif dan dirawat di rumah sakit tujuh kali, dengan istrinya mempersiapkan pemakaman lebih dari tiga kali.


“Setiap kali saya menjadi buruk, saya menjadi sangat buruk – ke pintu kematian. Istri saya mulai mengatur pemakaman, bahkan sampai lima kali.”


Dalam sebuah wawancara, ia bercanda mengungkapkan bahwa situasi mengerikan ini masih memiliki sisi positif bagi keluarganya. “Saya mengajak semua anggota keluarga untuk berdamai. Saya berharap saya tutup mulut sekarang."


Smith, seorang pensiunan instruktur mengemudi, akhirnya disembuhkan dengan antibodi yang sama yang telah dikembangkan Regeneron untuk mengobati Donald Trump.


Ini berisi dua antibodi, casirivimab dan imdevimab, yang mengikat situs berbeda pada protein lonjakan virus corona dan mencegahnya menginfeksi sel baru.


Smith memperoleh akses ke perawatan ini melalui program "pengasih", di mana terapi yang tidak sah dapat diberikan jika tidak ada perawatan lain yang disetujui dan memuaskan.


Namun obat ini tidak lagi tersedia atas dasar ini dan belum disetujui secara klinis untuk digunakan di Inggris.


"Tidak banyak dari pasien ini, mungkin tidak lebih dari beberapa per rumah sakit," jelas Ed Moran, konsultan penyakit menular di NHS Bristol North Trust.


"Beberapa dari mereka benar-benar sakit sejak dini dan meninggal, tetapi beberapa dari mereka tampaknya memiliki jenis proses [Covid-19] yang kambuh."