Pada masa pandemi Covid-19, aktivitas bersepeda menyehatkan saat ini semakin banyak digemari oleh hampir semua orang karena memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan badan maupun untuk yang bertujuan mengurangi berat badan. Maka dari itu saat ini juga banyak tersedia aplikasi bersepeda untuk Android maupun iOS, yang bertujuan agar bisa membantumu untuk diet ataupun olahraga bersepeda dengan benar.

Sementara, untuk aplikasi bersepeda telah banyak mengubah dunia olahraga ini, karena dengan tersedianya aplikasi tersebut kamu bisa menyimpan catatan waktu, menghitung kalori yang dibakar, posisimu, dan yang tak lupa bisa membagikan hasilnya ataupun merencanakan rutemu berikutnya. Bagi kamu yang memiliki hobi bersepeda, wajib untuk mencoba beberapa aplikasi bersepeda yang menyehatkan ini.

Berikut 7 Aplikasi Bersepeda Menyehatkan yang Cocok Digunakan untuk kesehatan badan maupun untuk program diet.

Aplikasi bersepeda ini cocok digunakan bagi siapa saja yang hobinya gowes, baik bersepeda dengan santai, di jalanan, maupun saat melakukan trail. Yuk kita lihat apa saja aplikasi bersepeda menyehatkan ini!

1. The Road Bike Manual


The Road Bike Manual merupakan salah satu aplikasi bersepeda terbaik yang bertujuan sebagai manual dalam melakukan perbaikan maupun perawatan sepedamu. Aplikasi ini menyediakan sampai puluhan video dan gambar yang akan membantumu ketika akan memperbaiki atau melakukan penggantian sparepart sepeda, dilengkapi dengan bahasa dan penjelasan yang detail dimana kamu pun bisa melakukannya sendiri.

Kamu juga bisa belajar tentang bagaimana cara membetulkan ataupun mengganti sparepart sepeda kamu agar tetap aman dan dalam tetap kondisi yang prima ketika dipakai, contohnya seperti mengecek posisi stang, pedal, sadel ataupun sistem pengereman, hidrolik, maupun untuk penggantian ban.

2. Strava

 


Aplikasi strava merupakan salah satu aplikasi bersepeda atau pelari menyehatkan terbaik yang sering digunakan oleh para atlet maupun mereka yang hobi berolahraga. Aplikasi yang dirancang oleh para atlet untuk atlet ini merupakan sebuah media sosial bagi para atlet. Tujuan utama Strava adalah menyimpan catatan terperinci dari semua kegiatan kebugaran kamu. Aplikasi ini dapat menyimpan semua data kegiatan di luar rumah kamu, antara lain: jarak yang ditempuh, waktu berlalu, rata-rata kecepatan, dan kalori yang terbakar. Semua data ini disimpan dalam riwayat pribadi yang nantinya dapat dibagikan dengan pengguna aplikasi lain.

Strava Clubs memungkinkanmu untuk dapat bertemu langsung dengan para anggota Strava atau atlet lain di kotamu.

3. Wahoo Fitness

 


Wahoo Fitness merupakan salah satu aplikasi bersepeda menyehatkan yang bertujuan untuk mencatat data-data ketika kamu bersepeda, dan aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan perangkat lain yang pengoperasionalnya menggunakan sensor Bluetooth, seperti monitor detak jantung, sensor kecepatan dan beberapa sensori lainnya.

Aplikasi ini juga kompatibel dengan aplikasi fitness yang lain, antara lain Strava, MyFitness Pal atau Training Peaks. Dengan menggunakan aplikasi ini, manfaat bersepeda untuk program diet pun akan lebih maksimal karena kamu bisa mendapatkan data-data kesehatan setelah kamu selesai melakukan olahraga.

4. Zwift



 Zwift merupakan salah satu aplikasi bersepeda terbaik untuk iOS yang telah merevolusi dunia bersepeda di dalam ruangan tanpa harus keluar, aplikasi ini kompatibel dengan semua perangkat iOS (untuk versi Android sedang dikembangkan). Aplikasi ini merupakan virtual platform online yang dapat membuatmu serasa bersepeda di luar ruangan yang sudah di digitalisasi, seperti gunung atau kota lain.

Aplikasi ini juga memaksimalkan manfaat bersepeda yang bertujuan untuk program diet, karena aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai alat untuk latihan dan bermain sambil berinteraksi atau berlomba dengan pesepeda lain yang terhubung dengan koneksi internet. Dengan mengaplikasikan aplikasi ini di hp, selanjutnya sambungkan dengan sepeda fitness atau treadmill yang support koneksi Bluetooth.

5. St John Ambulance First Aid for Cyclists


Berdasarkan Royal Society for the Prevention Accidents, 19,000 pesepeda mengalami cedera atau meninggal dalam kecelakaan di jalanan. Maka dari itulah, St John Ambulance telah mengembangkan aplikasi St John Ambulance First Aid for Cyclists yang dikhususkan bagi para pesepeda yang mengalami cedera yang umum terjadi ketika bersepeda di jalanan.

Aplikasi medis ini dibuat berdasarkan data-data tentang pertolongan pertama yang dibuat oleh para ahli medis untuk para pesepeda, seperti cedera lutut, pinggang, bahkan jika terjadi patah tulang ataupun cedera di kepala. Dan diharapkan, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk dirimu sendiri maupun orang lain.

6. MapMyRide



Di Zaman sekarang sudah banyak sekali bereredar tentang aplikasi GPS yang digunakan untuk menentukan rute atau melacak kegiatan olahraga kamu secara live. Dan salah satu aplikasi tersebut adalah MapMyRide, dimana aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengatur semua rute yang akan kamu tempuh dari awal dengan tampilan yang sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Dengan adanya aplikasi ini, kamu juga bisa menggunakan rute favorit yang telah dibuat oleh pengguna lain, atau untuk mengulang rute favorit yang telah kamu tempuh sebelumnya. Meskipun aplikasi ini tak seperti Strava yang bagaikan sebuah media sosial, namun aplikasi ini bisa diandalkan dalam membuat rute olahraga kamu.

7. CycleCast



Mengutamakan manfaat bersepeda untuk program diet sekaligus untuk menjaga stamina, dengan latihan yang sistematis dan terpadu? CycleCast merupakan aplikasi bersepeda menyehatkan yang bisa kamu jadikan pilihan, karena aplikasi ini menyediakan lebih dari 500 latihan mengayuh yang telah disajikan bersama dengan musik yang enak didengar dan juga bisa menjadikan motivasi.

Instruksi yang diberikan oleh seorang instruktur berpengalaman dimana akan membantumu untuk mencapai tujuan. Kamu bisa memilih menu latihan dalam kurun waktu 20 menit kalo waktumu terbatas, atau kalo kamu sedang senggang, kamu bisa memilih menu maraton 60 menit.

Itulah 7 aplikasi yang dapat menunjang kegiatan bersepeda menyehatkan yang bisa membantumu dalam program diet maupun untuk menjaga stamina. Jangan lupa jaga kesehatan ya, karena badan juga butuh untuk di jaga stamina nya.