Warganet saat ini dikejutkan dengan munculnya foto bugil dua orang pendaki di Gunung Gede Pangrango yang telah tersebar di media sosial. Diduga dua pendaki tersebut berfoto di kawasan Alun-alun Suryakancana Gunung Gede Pangrango.

Akan tetapi untuk kapan foto itu diambil dan pendaki itu naik ke puncak Gunung Gede Pangrango masih dalam proses penyelidikan. Karena foto tersebut menyebar tepat di hari pertama kembali dibukanya pendakian Gunung Gede Pangrango, Rabu (21/10/2020) kemarin.

Poppy Oktadiani selaku Humas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menjelaskan bahwa dia masih mendalami informasi tentang adanya pendaki yang diduga telah berfoto bugil di kawasan Alun-alun Suryakancana Gunung Gede Pangrango.

"Mohon maaf kami belum bisa memberikan konfirmasi, karena masih pendalaman informasi terlebih dulu," jawabnya secara singkat saat dikonfirmasi via pesan Whatsapp.

Dari penelusuran di media sosial, foto bugil tersebut telah tersebar di banyak akun media sosial, salah satunya akun Instagram @mountnesia.

Sudah ada dua foto yang tersebar, untuk foto pertama hanya ada dua orang yang berpose tanpa busana, dan di foto kedua hanya ada satu orang pria yang berpose bugil. Dalam unggahannya, akun @mountnesia mengkritik aksi oknum tersebut. Bahkan disebutkan juga bahwa keduanya kerap berfoto dan berpose tanpa busana di tempat lainnya.


"Gak tau dah apalagi ini maksudnya.. Lagi viral pendaki berpose foto-foto bugil tanpa sehelai busana di Gede Pangrango yang diupload baru-baru ini.

Dalam ig pribadinya juga nampak poto poto bugil di berbagai tempat lainnya seperti pelaku sudah biasa berpose foto bugil dan diupload di medsos pribadi.

Apakah bakal ditindak lebih lanjut?

Beberapa para pengguna instagram juga sangat menyayangkan perilaku itu dan mengkhawatirkan jika pendakian akan kembali ditutup yang disebabkan ulah pendaki bugil di Gunung Gede.

"Nyampah doang di krang, awas aja sampe gn Gede titip lagi. Salahin dia aja pokoknya titik," tulis @di***"ar dalam kolom komentar.

Sayangnya tadi pagi, postingan tersebut saat ini sudah dihapus kembali oleh akun @mountnesia dan beberapa akun lainnya.

Sementara saat ini Polisi sedang memburu dua pria tersebut, AKBP Moch Rifai selaku Kapolres Cianjur sedang melacak akun media sosial dua pria yang berfoto bugil di kawasan wisata taman nasional tersebut.

Dia menyebutkan, saat ini Polres Cianjur juga masih menunggu laporan resmi dari TNGGP terkait dengan adanya pendaki yang berfoto bugil itu. Dia juga berpendapat bahwa apapun tujuan dari kedua pria itu, foto bugil tersebut sudah meresahkan, terutamanya bagi warga Cianjur.

Pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melaporkan ke polisi terkait foto bugil dua pendaki itu. Hal itu bertujuan untuk mengetahui adanya tindak pelanggaran UU ITE atau tidak. BBTNGGP juga telah mengungkapkan mengenai aturan pelarangan aksi yang melanggar kesusilaan di wilayahnya.