Sejumlah tujuh unit mobil listrik Tesla telah terbakar di depan dealer resminya di Malmo, Swedia. Kepolisian masih menyelidiki terkait penyebab mobil listrik besutan Elon Musk itu dilalap api. Akan tetapi untuk dugaan sementara mobil-mobil itu sengaja dibakar oleh orang yang tak bertanggung jawab, karena ini bukan peristiwa yang terjadi pertama kali.

Tengah malam Senin (21/10), petugas pemadam kebakaran mendapatkan laporan kepulan asap di area luar dealer Tesla, Malmo, Swedia. Tiga mobil pemadam kebakaran datang dan menemukan mobil Tesla telah dilalap si jago merah.

"Sekitar 7 atau 8 mobil listrik terbakar di tempat yang berbeda (tidak berdekatan), di dalam area 300 - 400 meter persegi," ucap Magnus Kohlins selaku Ketua Tim Pemadam Kebakaran.

Petugas telah mengerahkan upaya yang maksimal agar api yang telah membakar mobil itu tidak merembet sampai ke bangunan dealer. Sementara untuk api telah berhasil dipadamkan, dan beruntung tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Sejauh ini, untuk penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Akan tetapi, Kohlins menyebutkan bahwa penyebab kebakaran mobil ini mungkin disebabkan karena unsur kesengajaan. Ditambah lagi untuk posisi mobil Tesla dari model 3 dan model x yang terbakar tidak saling berdekatan.

"Saya kesulitan melihat ada penyebab alami dari kebakaran ini, tapi penyidikan polisi harus membuktikan itu," ujarnya.

Kepolisian juga sedang melakukan pekerjaannya, mereka telah melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Sebuah laporan telah dibuat tentang kerusakan serius akibat kebakaran," ucap petugas jaga Conny Strömberg.

Laman Electrek mengatakan bahwa peristiwa ini bukan kali pertama terjadi di dealer Malmo, Swedia. Kebakaran juga sempat melanda dealer tersebut pada bulan Desember 2017, setelah selang satu minggu dibuka.

https://youtu.be/fXvXdiR7sgM