Rilis lagi produk dari produsen China untuk meramaikanpersaingan  pasar mobil Multi Purpose Vehicle, SAIC-General Motor-Wuling (SGMW) melahirkan Wuling Victory, Selasa 3 November 2020. Mobil keluarga itu rencananya akan pertama kali dijual di negara asalnya, yakni di China.


Kabar itu diketahui dari informasi yang diberikan oleh GM Authority. Meski Wuling Victory mengusung banyak fitur canggih, tetapi harga jualnya akan tetap terjangkau. Untuk tipe terendahnya hanya dibanderol sebesar 85 ribu Yuan atau sekitar Rp 187 jutaan.


Sedangkan untuk unit tertingginya dilego dengan harga 116,8 ribu Yuan atau sekitar  Rp 255 juta. Mobil MVP yang cukup menampung 7 penumpang itu memiliki panjang 4,8 meter, lebar 1,87 meter, dan tinggi 1,7 meter cukup bongsor untuk jenis mobil Multi Purpose Vehicle.


Untuk tampilan depan Victory sekilas mirip pendahulunya Almaz, tetapi desain grill trapesiumnya terlihat lebih besar dan tegas. Dimensinya terlihat lebih berotot, dengan ukuran kap mesin yang cukup panjang, seolah serasi dengan lekukan bumper bagian depan yang mengalir landai.


Dibekali lampu sipit yang bersemayam dibagian atas hanya sebuah DRL (daytime running light). Lain hal pada lampu utamanya berada di bawah, mengandalkan kekuatan penerangan 4 projector LED. Pada bagian samping, bentuk bodi dan fender terlihat cukup seksi untuk sekelas Multi Purpose Vehicle.



Pada bagian interior desainnya terlihat sangat menawan, dengan paduan warna krem dan hitam pada door trim, dashboard, hingga konsol tengah. Bentuk dashboard cukup presisi, dan minimalis dengan penempatan lubang AC yang pipih pada setiap sisi.


Untuk sistem hiburannya mengusung head unit model floating yang dibuat menonjol sekilas mirip layar hiburan pada jajaran mobil asal Jepang, Mazda. Terdapat juga twitter pada ujung pilar. 


Pada sisi kiri layar hiburannya tertanam tombol start stop engine, yang artinya MPV asal China itu sudah dibekali smart key system. Melihat dari perwujudannya diduga ada beberapa bagian interior yang dibalut bahan semi kulit. Dengan memiliki tampilan yang premium dengan segudang fitur canggih, Victory digadang-gadang sebagai kandidat kuat untuk menjegal Toyota Kijang Innova jika masuk pasar tanah air. Padahal dapur pacu MPV buatan Tiongkok tersebut memiliki kapasitas lebih kecil.


Kabarnya mobil keluarga buatan Wuling itu disematkan mesin bensin berkapasitas 1.500cc turbocharger, sehingga tenaga maksimumnya mencapai 145 dk untuk tipe terendah atau disebut Elite, lalu untuk varian tertinggi tenaganya mampu mencapai 174 dk. 


Sedangkan andalan Toyota,Kijang Innova yang beredar di Indonesia dibekali mesin bensin 2.000cc. Tetapi faktanya tenaga yang dihasilkan hanya 137 dk, lebih kecil dari Victory. Berbeda dengan Innova varian diesel 2.400cc, yang dapat memuntahkan tenaga 146,9 dk.


Soal harga, New Kijang Innova untuk unit yang paling standar yang ditawarkan 12 varian dibanderol mulai Rp 343,8 juta sampai Rp 440,9 juta. Wow, Jauh lebih mahal dari Wuling Victory di pasar China.