Diberitakan bila saat ini Xiaomi menjadi merk dagang smartphone nomor tiga dunia pada kuartal ketiga di tahun 2020 ini. Berita laporan dari tiga lembaga riset dan analisis data yaitu IDC, Counterpoint, dan Canalys sekaligus menjadikan acuan atas pergerakan Xiaomi dalam menghadirkan produk yang berkualitas dengan harga sebenarnya.


Menurut Counterpoint mengungkapkan bahwa  performa yang sangat baik dari Xiaomi untuk penguasaan pasar di Indonesia serta sejumlah negara lain di Asia Tenggara yakni Filipina dan Vietnam. Hal ini juga dipengaruhi oleh ekspansi yang masif di pasar terbaru di wilayah Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, serta Eropa.


Dilaporkan, pada kuartal ini Counterpoint mengungkap bahwa Xiaomi mencapai penjualan smartphone terbesar yakni sebanyak 46,2 juta unit. Selain itu, Xiaomi juga sukses melampaui Apple dengan pangsa pasar 13,1% menurut data laporan dari IDC dengan menyebut perkembangan 42% dibandingkan kuartal yang sama pada tahun 2019 lalu.

IDC juga melaporkan bahwa performa apik yang diraih oleh Xiaomi ini kebanyakan disumbang dari faktor pasar India yang kembali pulih pasca badai COVID-19 serta pasar di Cina yang semakin kokoh. Di India, kuota produksi Xiaomi telah pulih kembali ke tingkat 85%, seperti sebelum pandemi COVID-19 terjadi.

Selain itu, laporan dari Canalys memaparkan bahwa pelonggaran terhadap pembatasan tempat usaha dan pergerakan manusia menyebabkan jumlah pengapalan smartphone alias ponsel pintar hanya turun 1% dibandingkan pada kuartal ketiga 2019.