Investasi bodong dengan total kerugian mencapai Rp 15 Miliar telah dibongkar. Tersangka dalam melakukan aksinya dengan berkedok sebagai seorang jual beli valas atau mata uang asing.


Tersangka yang berinisial PP (39), merupakan warga kota Kediri. PP diamankan setelah polisi menindaklanjuti atas laporan dari korban pada tanggal 18 Agustus 2020. Untuk modusnya, tersangka telah menjanjikan keuntungan besar kepada korban.


"Produk investasinya adalah jual beli mata uang asing dengan keuntungan yang dijanjikan 5 sampai 6 persen. Namun, sampai sekarang korban ini tidak pernah mendapatkan sepeserpun keuntungan," ucap Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko selaku Kabid Humas Polda Jatim kepada wartawan, Rabu (25/11/2020).


Truno menyebut bahwa modus ini terus berkembang karena kepercayaan dari para korban terhadap tersangka. Hal ini didasari karena tersangka yang merupakan rekan dekat korban saat masih berstatus sebagai karyawan di Bank Jatim.


Dari hasil investigasi polisi, Truno mengatakan bahwa uang yang telah didapat pelaku yang seharusnya digunakan untuk membeli aset, justru malah digunakan untuk kepentingan pribadi. Contohnya seperti untuk membeli aset rumah di Perumahan Citra Garden Sidoarjo, mobil sedan BMW, mobil SUV BMW, sepeda motor Honda Scoopy, beberapa handphone, dokumen rumah, dokumen kendaraan, sampai dengan buku rekening.



"Ada satu korban yang melaporkan, dia sekaligus mewakili 15 orang yang menjadi korban. Total investasi yang masuk sebesar Rp 15 miliar, namun jumlah investasi per orang beragam," ucap Truno. Truno menambahkan dari keterangan korban, penipuan ini sudah terjadi sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2018.


Atas perbuatannya, PP telah dijerat dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dana tau Penggelapan dengan ancaman maksimal empat tahun. Meskipun demikian, Truno menyebut bahwa pihaknya masih mencari tersangka lain. "Meski sudah ditetapkan satu tersangka, namun penyidikan terus berjalan karena dimungkinkan ada tersangka lain," paparnya.



SGPTANGKAS | Agen Bolatangkas Terbaik | Agen Tangkasnet Terpercaya