Indonesia sudah dipastikan akan memiliki tim balap MotoGP di kelas Moto2 pada tahun 2021. Tim ini disiapkan dengan serius untuk mengarungi satu musim penuh, bukan hanya sekadar muncul di MotoGP Mandalika saja.

Demikian yang telah dinyatakan oleh Rapsel Ali selaku ketua Indonesia Racing Team. Diaa mengatakan bahwa Indonesia Racing Team akan berkompetisi satu musim penuh mulai musim depan.

"Kita full seri dunia, iya Mandalika kan cuma salah satu seri di dunia. Nanti kita akan ikut juga di seri-seri balapan lainnya musim depan," ucap Rapsel kala dikonfirmasi wartawan, Jumat (16/10/2020).

Rapsel juga sudah memastikan bahwa tim ini sudah siap dan tinggal peresmian secara publik saja yang dimana akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2020 ini. Pembentukan tim ini juga sudah mendapatkan persetujuan dari tiga Kementerian dan BUMN kelas kakap di Indonesia.

"Kemarin dalam kunjungan komisi VI DPR sudah menegaskan semua pimpinan komisi menegaskan BUMN membackup Tim MotoGP Indonesia ini. Karena ini tim merah putih karena itu sudah sepatutnya harus didukung. Kemarin ada dari Pertamina ada dari bank dan beberapa produk lainnya seperti Garuda siap mendukung," imbuh pria yang saat ini tengah menjabat sebagai Anggota Komisi Vl DPR-RI,.

Untuk sumber daya tim pun juga sudah dirampungkan. Rencananya akan komposisi 50:50 baik dari para pebalap hingga teknisi yang akan menggerakkan Indonesia Racing Team.

"Tim kita persentasi 50 persen asing dan nasional, pembalap sampai technical support. Kita perlu waktu untuk membangun tim yang solid berkolaborasi dengan technial support asing sehingga pada saatnya nanti membangun transfer knowledge. Mungkin sekitar tiga seri baru kita tim nasional seratus persen," jelasnya.

Berdasarkan pernyataan Rapsel, dimana akan ada satu pembalap profesional berkebangsaan asing yang juga akan menjadi joki motor Indonesia Racing Team Moto2. Sedangkan untuk Indonesia Racing Team sudah mengamankan jasa Dimas Ekky sebagai pembalap nasional yang akan berlaga di Moto2.